Pengertian Administrasi
Administrasi berasal dari Bahasa latin yaitu “Ad” dan
“Ministrate” yang mempunyai arti pemberian jasa atau bantuan, yang memiliki
arti dalam Bahasa Inggris disebut “Administration” dengan artinya “To Serve”,
dimana dengan arti yaitu melayani dengan
sebaik-baiknya.
Administrasi di bagi menjadi dua pandangan ahli, yaitu:
1.
The Liang Gie mengatakan Administrasi secara
luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam
suatu Kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
2.
Soewarno Handayaningrat mengatakan Administrasi secara
sempit berasal dari kata Administratie(Bahasa Belanda) yaitu meliputi kegiatan
catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan
sebagainya yang bersifat Teknik ketatausahaan.
Kemampuan seorang Ad.Sistem
a. Basic
Hardware Networking
b. Basic
IP and Subnetting
c. Technology
Switching and Routing
d. Technology
Server
e. Security
f. Monitoring
g. Backup
Pengertian Administrasi Jaringan
Ilmu yang mempelajari tentang mengatur, mengkonfigurasi dan
manajemen jaringan beserta layanan-layanan jaringan menggunakan sistem operasi
khusus jaringan. Selain itu sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan
yang bertugas untuk mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil
maupun skala besar.
Adapun peran administrasi jaringan yaitu untuk membangun,
mengelola, dan memperbaiki jaringan atau server.
Tugas Administrasi Jaringan
a. Memastikan
keamanan jaringan (security)
b. Mengatur
pengguna
c. Mengatur
cadangan data
d. Troubleshooting
atau penanganan masalah
e. Update
System pemutakhiran
Kesimpulan
Seorang Administrasi Sistem Jaringan adalah orang bekerja
untuk menjaga dan mengoperasikan komputer sistem dan atau jaringan.
Tugas seorang administrator meliputi: manajemen user account
(manajemen pengguna), penanganan troubleshooting, perawatan hardware dan
software, update hardware dan software, dan melakukan backup dan restore.
Seorang administrator harus menguasai hardware komputer dan
memahami komponen hardware yang terdapat didalam komputer.
Pendapat Pribadi mengenai pekerjaan seorang Administrasi
Sistem Jaringan Komputer.
Seorang Network Administrator adalah suatu pekerjaan yang
banyak di butuhkan perusahaan-perusahaan yang telah mengimplementasikan
teknologi komputer dan internet sebagai penunjang pekerjaaan. Pada intinya
seorang Administrator Jaringan bertugas mengelolah dan menjaga seluruh sistem
yang ada. Seorang Network Administrator sebelum menjalankan tugas dan tangggung
jawabnya yaitu mengetahui dasar komputer, teori dan praktek, hal ini sangat
penting karena seorang Administrator harus mampu mengetahui kerja sistem
komputer dengan baik. Selain itu seorang Network Administrator yang berkerja
dalam tim maupun individual tentunya memiliki kemampuan dalam hal IT Network
atau network administrator, memahami LAN, WAN, PC, LINUX dll. Dan juga seorang
Network Administrator juga harus memiliki kemampuan menghubungkan perangkat
keras dan Administrator juga melakukan konfigurasi sistem operasi yang
mendukung Network.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar